Kalender

Agustus 2017
SenSelRabKamJumSabMin
 << < > >>
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
28293031   

Announce

Siapa yang Online?

Anggota: 0
Pengunjung: 1

rss Syndication

 
12 Nov 2016 - 07:28:16

Jaket Kulit Berkualitas Asli Garut dan Cara Pembuatannya

 


Jaket Kulit Berkualitas Asli Garut dan Cara Pembuatannya†- Intip Cara Membuat Jaket†Kulit Asli Garut: Dari Mencuci, Menjahit Sampai Memoles, Semuanya Harus†Dilakukan Demi Membuat Jaket yang Berkualitas.

 


 


 



Salah satu atribut fashion†yang wajib Anda miliki adalah jaket kulit. Jaket yang satu ini memang dibandrol†dengan harga yang tidak murah. Harga jaket ini bisa dibanderol diatas satu†jutaan. Harga memang tidak akan menghianati kualitas. Jaket kulit merupakan†jaket yang memiliki kualitas terbaik dari pada jaket-jaket lainnya. Salah†satunya yakni Jaket†kulit berkualitas asli Garut yang†menjadi satu contoh jaket asli Indonesia. Kali ini, Anda akan mengintip†pembuatan jaket berkualitas di Garut, Jawa Barat.

 



Tahap-tahap Membuat Jaket Kulit

 

Dalam pembuatan jaket,
tahap pertama yang harus dilakukan adalah penyamaan kulit atau biasa disebut†leather tanning. Tahap ini terdiri dari beberapa langkah yang diantaranya†adalah pencucian, pengeringan, pencabutan bulu dan pengawetan. Dalam membuat†jaket kulit†berkualitas asli garut, para pengrajin harus disiplin†dalam melakukan tahap pertama ini. Pada langkah pencucian, para pengrajin akan†mencuci kulit hewan (biasanya domba) secara bersih sehingga tidak†meninggalkan bau. Pada tahap pencabutan bulu dan pengawetan, para pengrajin†wajib melakukannya dengan hati-hati karena bagian ini merupakan bagian yang tersulit di tahap pertama.†Tahap kedua adalah pewarnaan atau coloring. †Tahap ini dilakukan demi memberikan model yang lebih menarik. Biasanya para pengrajin†menggunakan zat pewarna yang cair sehingga lebih bisa meresap ke kulit hewan.

 


 

Tahap ketiga merupakan
tahap yang tidak bisa dikerjakan oleh sembarang orang. Tahap ini adalah tahap†pembuatan pola. Kebanyakan pengrajin jaket kulit berkualitas asli Garut menggunakan cara manual dalam membuat†pola. Mereka akan menggambar pola jaket di atas karton atau kertas. Namun, tak†sedikit juga yang telah menggunakan software aplikasi di komputer agar†pekerjaan lebih cepat dan tepat. Di tahap ini, pengrajin dapat menambahkan†model-model yang unik. Misalnya, penambahan kupluk, tata letak kantong, bentuk†resleting atau kancing, penambahan bulu-bulu di sekitar leher, dan sebagainya.†

 

 

Tahap keempat adalah tahap
penentuan bagaimana sebuah jaket bisa terlihat sangat baik. Tahap ini merupakan†tahap menjahit. Dalam proses ini, para penjahit harus teliti dan tidak boleh†melakukan kesalahan agar jaket bisa nyaman saat digunakan. Jahitan yang benar†juga dapat memperpanjang masa pakai jaket. Para penjahit harus bisa†menerjemahkan pola yang ada menjadi sebuah jaket yang benar-benar berkualitas.

 

†Artikel Terkait:†jaket kulit asli sukaregang

Tahap terakhir adalah tahap pemolesan atau rouging. Tahap†ini dapat meningkatkan nilai jual dari jaket yang telah dibuat. Jaket kulit†berkualitas asli Garut tak pernah†melewatkan proses ini. Selain meningkatkan harga jual, tujuan dari proses†pemolesan adalah menghilangkan noda dan kotoran yang ditimbulkan saat proses†produksi. Jaket berkualitas akan memiliki permukaan yang tampak mengkilat.†Setelah melewati lima tahapan tadi, jaket berkualitas ini siap dijual ke†pasaran.

 


Admin · 104 tampilan · Beri komentar

Permanen link untuk entry penuh

http://jaketkulitasli.sosblogs.com/The-first-blog-b1/Jaket-Kulit-Berkualitas-Asli-Garut-dan-Cara-Pembuatannya-b1-p4.htm

Komentar

Tidak ada Komentar untuk posting ini...


Beri komentar

Status tanggapan baru: Publikasikan





URL anda akan ditampilkan.


Please enter the code written in the picture.


Teks komentar

Pilihan
   (Set cookie untuk nama, email dan url.)